Friday 6 October 2017

Mau tau Efek Buruknya dari Media Sosial, Ini dia !!!

Mau tau Efek Buruknya dari Media Sosial, Ini dia !!! - Zaman Sekarang Media Sosial menjadi magnet untuk semua orang, untuk sekedar berkomunikasi saja sekarang sebagian orang memilih media sosial dibandingkan berbincang langsung. Kalau kita berbicara sebuah produk ataupun inovasi teknologi, pasti tidak akan jauh dari yang mananya efek positif dan negatifnya. Media Sosial juga seperti itu, akan banyak yang berdebat mengenai efek positifnya, dan tidak sedikit juga pasti ada yang akan berdebat membahas tentang efek negatifnya.

Untuk kali ini enambelasdotcom hanya akan membahas mengenai efek buruknya atau negatifnya dari media sosial, mulai dari bahaya untuk dirinya sendiri, keluarga hingga mrembet ke dalam keuangannya. So, simak artikel ini sampai selesai ya.

1. Mudah Sekali Kehilangan Kendali Diri

Kita sudah tau fungsi Media Sosial itu seperti apa, salah satunya kita bisa menggunakannya tanpa ada batasan. Siapa saja boleh mencurahkan apa saja ke dalam media sosial miliknya. Dari mulai masalah personal hingga masalah yang sedang viral, siapa saja boleh terlibat didalamnya dengan mudah hanya dengan via media sosial.

Banyak anak remaja,orang dewasa bahkan orang yang sudah cukup umur mengekpresikan apa yang sedang terjadi pada dirinya melalui media sosial. Semua itu sah - sah saja, tetapi yang menjadi masalah adalah saat seseorang mengekpresikan dirinya di media sosial dengan secara berlebihan, yang mengakibatkan orang lain terganggu kenyamanannya. Jadi kesimpulannya adalah gunakanlah media sosial dengan semestinya, buatlah manfaat positif setelah kita menggunakan media sosial.

2. Bisa Mengakibatkan Kehilangan Jati Diri

Media sosial itu sangat luas, bahkan mungkin tidak ada ujungnya jika kita mencarinya. Banyak lubang besar didalamnya, dari lubang itulah banyak masyarakat di sekitar kita bisa dengan mudah menggunakannya. Kita bisa melakukan apa saja dengan media sosial, dari mulai mencurahkan kegundahan kita, meneror seseorang bahkan menyebarkan berita Hoax, yang pastinya sangat buruk akibatnya. Kita semua pasti tidak asing lagi dengan istilah selebgram,atau seleb online ataupun apa namanya. 

Hampir semua remaja - remaja di seluruh dunia ingin dikenal luas dengan hanya mengandalkan media sosialnya. Cara yang dilakukannya juga banyak yang mengarah ke arah negatif, contohnya memposting dirinya yang sedang telanjang, ataupun hal privasi yang seharusnya kurang pas jika di konsumsi orang banyak. Hal seperti inilah yang bisa mengerucut menjadikan seorang menjadi mabuk media sosial, akibatnya akan muncul hater didalam kehidupannya. Puncaknya bisa mengakibatkan Kehilangan Jati Dirinya. Jadi kesimpulannya adalah gunakanlah media sosial dengan bijak.

3. Bisa Kehilangan Privasi

Banyak orang yang tidak menggunakan media sosialnya dengan bijak. Akibatnya kenyamanan hidupnya menjadi terganggu. Pastinya kita punya teman atau saudara yang sangat sering menggunakan media sosialnya, bisa dia membagikan foto,lokasi ataupun hal - hal yang sifatnya privasi lainnya. Jika kita berfikir dengan daya sadar yang sempurna, apakah baik jika kita sering menshare hal privasi kita melalui media sosial, yap, jawabannya harusnya tidak baik. 

Jika kita berbicara media sosial pasti tidak akan bisa terpisah dengan yang namanya internet. Secanggih apapun inovasi yang diciptakan, khusunya di dunia media sosial, pasti ada lubang kecil yang bisa dimanfaatkan seseorang untuk kepentingan pribadi, umumnya bersifat negatif. Harusnya anda berfikir, bagaimana jika semua informasi pribadi anda dimanfaatkan seseorang oleh tujuan yang negatif. Bisa dipastikan anda bisa kehilangan privasi karna anda tidak bisa menggunakan media sosial dengan bijak. Jadi kesimpulannnya adalah marilah kita gunakan media sosial kita dengan bijak, udah, gitu aja.
 


EmoticonEmoticon